10 Situs Web Terbaik untuk Mengunduh Vektor Gratis!

Dalam pencetakan, kualitas produk akhir Anda umumnya bergantung pada 2 hal: mesin cetak dan berkas karya seni yang dikirimkan ke produksi. Blog ini berisi artikel-artikel dan kiat-kiat yang ditulis untuk membantu Anda mengoptimalkan berkas karya seni untuk pencetakan komersial, sehingga Anda tidak akan kecewa dengan hasilnya.

Hari ini, Anda menemukan artikel blog ini karena sedang mendesain file artwork atau melakukan riset apakah Anda sebaiknya mendesain karya sendiri atau tidak. Mungkin saja, Anda ingin mengetahui rekomendasi situs web terbaik dari kami untuk mengunduh grafik-grafik vektor secara gratis. Selama berkecimpung di dalam bisnis ini, kami sudah mencoba semua situs web dan mengetahui situs-situs terbaik yang tersedia! Tetapi, sebelum memulai berbagi, kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk fokus pada perbedaan antara grafik vektor dan raster, sekaligus keuntungan-keuntungan dari grafik vektor untuk pencetakan.

ika Anda adalah seorang profesional yang berpengalaman, Anda mungkin sudah mengetahuinya. Jadi, lewati saja bagian ini dan bacalah pilihan situs web kami.

Apa itu Grafik Vektor?

Vector and Raster picture

Biasanya, kata “vektor” adalah kata yang mengerikan. Sebagian besar dari kita mungkin teringat dengan kelas matematika di SMA, nilai jelek, orang tua yang kecewa, dan guru-guru yang marah. Tetapi, jangan khawatir karena kami tidak akan membahas kalkulus vektor sekarang.

Dalam bahasa desain grafis, grafik vektor hanyalah sebuah unsur grafis (bentuk, gambar, dan lainnya) yang tersusun dari ratusan ribu garis dan kurva kecil - yang disebut vektor - dan tidak tersusun dari piksel, seperti grafik raster. Berkas-berkas ini disebut grafik vektor karena terdiri dari sekumpulan informasi matematika yang menentukan posisi, arah, besar, warna, dan lainnya dari masing-masing vektor dalam berkas. Berkas vektor dibuat dan diedit dalam perangkat lunak seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, Macromedia, dan lainnya.

Sebaliknya, grafik raster (atau bitmap) tersusun dari piksel-piksel yang hanya mengandung informasi warna. Piksel adalah kotak-kotak kecil atau titik-titik yang terlihat dengan jelas saat Anda memperbesar gambar raster apa pun. Misalnya, foto yang Anda ambil dengan kamera ponsel atau kamera selalu merupakan berkas raster karena tersusun dari piksel-piksel. Berkas-berkas itu juga dapat diedit menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop, Gimp, Corel Photo-Paint, dan lainnya.

Mengapa Anda Sebaiknya Menggunakan Grafik Vektor untuk Desain Artwork?

Keuntungan utama dari penggunaan grafik vektor untuk desain karya seni adalah tidak ada batas resolusi gambar. Masalah umum pada karya-karya seni yang dikirimkan ke rumah percetakan adalah gambar-gambar raster dengan resolusi yang terlalu rendah untuk mendapatkan hasil cetak berkualitas tinggi. Saat resolusi suatu gambar terlalu rendah, hasil cetak biasanya akan menjadi blur atau tidak jelas. Hal ini terjadi karena saat gambar raster diperbesar, piksel-pikselnya juga akan diperbesar dan kualitas gambar menurun karena Anda dapat melihat kotak-kotak yang diperbesar.

Menggunakan grafik-grafik vektor secara langsung mengatasi masalah itu karena Anda dapat memperbesar vektor sesuai keinginan tanpa menurunkan kualitas. Memang, resolusi gambar tidak berlaku sama sekali pada grafik vektor karena tidak tersusun dari piksel. Itulah mengapa saat Anda mencetak vektor dengan ukuran apa pun, kualitasnya akan selalu super tajam. Untuk detail selengkapnya mengenai perbedaan antara grafik vektor dan raster, bacalah > artikel blog ini.

Satu-satunya keuntungan dari gambar raster adalah tingkat detail yang tidak dapat dicapai oleh grafik vektor. Itulah mengapa Anda juga tidak bisa menggunakan grafik vektor untuk semua hal. Apa pun yang harus terlihat nyata harus ditampilkan sebagai gambar piksel beresolusi tinggi. Sering kali, Anda harus menggunakan gambar raster dalam karya seni, tetapi resolusinya harus melebihi 300 dpi! Bacalah informasi selengkapnya mengenai cara memeriksa resolusi gambar Anda dalam dpi. Resolusi minimal 300 dpi dibutuhkan untuk menjamin kualitas gambar yang baik saat gambar diperbesar dan dicetak.

Di bawah ini adalah gambaran visual dari tampilan grafik vektor dan raster setelah diperbesar. Seperti yang bisa Anda lihat, ada satu titik di mana grafik raster akan mulai menampilkan piksel-piksel kotak dengan jelas. Tetapi, vektor dapat diperbesar sesuai keinginan tanpa menurunkan kualitas. Itulah mengapa vektor adalah pilihan yang wajib untuk logo dan unsur grafik non-fotografi yang ada dalam karya seni Anda.

Vector and Raster Graphics - The Differences

Karena sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan antara grafik vektor dan raster sekaligus keuntungan masing-masing, mari membahas ikhtisar kami mengenai 10 situs web terbaik untuk MENGUNDUH GRAFIK VEKTOR SECARA GRATIS.

1.FREEPIK

Freepik

Freepik mungkin merupakan salah satu situs web terpopuler untuk mengunduh vektor yang sering digunakan oleh desainer. Situs web ini sangat populer dan memiliki berbagai macam pilihan vektor dan gambar raster dengan desain modern atau klasik dan beragam gaya yang berbeda. Anda benar-benar dapat menemukan apa pun, mulai dari ikon dan kartun hingga latar belakang dan produk. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetik apa yang dibutuhkan. Banyak vektor bersifat gratis, tetapi ada juga vektor berbayar, namun cukup terjangkau.

Kunjungi Website Freepik.com

2. THENOUNPROJECT

THENOUNPROJECT

Situs web ini sepenuhnya fokus pada ikon. Anda dapat mengunduh ikon-ikon vektor dari berbagai macam kategori untuk menyesuaikan karya seni Anda. Situs web ini mungkin merupakan salah satu pilihan terbaik untuk ikon, terutama jika Anda menyukai ikon-ikon yang minimalis.

Kunjungi Website Thenounproject

3. VECTEEZY

VECTEEZY

Vecteezy adalah situs web lain yang sering direkomendasikan oleh banyak desainer karena ramah pengguna. Sangat menyenangkan menjelajah Vecteezy karena situs web ini memiliki banyak ikon lucu, banner, dan karya seni lainnya.

Kunjungi Website Vecteezy

4. DRYICONS

DRYICONS

Dryicons juga merupakan salah satu situs web yang fokus pada ikon. Situs web ini merupakan sumber yang bagus jika Anda mencari ikon yang harus mengikuti gaya tertentu. Baik untuk situs web maupun karya seni cetak, Anda mungkin akan menemukan semua ikon yang dibutuhkan di sini.

Kunjungi Website Dryicons

5. FREEVECTORS

Freevectors

Situs web ini menawarkan kombinasi yang bagus dari ikon gratis, spanduk, dan jenis karya seni lainnya. Anda dapat dengan mudah menjelajah situs web menggunakan kotak pencarian.

Kunjungi Website Freevectors

6. 123FREEVECTORS

123FREEVECTORS

Jika Anda mencari latar belakang vektor gratis, mungkin 123FreeVectors adalah situs web yang tepat untuk menemukannya dengan mudah. Kunjungi saja situs web mereka dan lihatlah vektor-vektor yang ada di sana.

Kunjungi Website 123freevectors

7. 1001FREEDOWNLOADS

1001FREEDOWNLOADS

Anda dapat menemukan grafik-grafik yang diinginkan dengan mudah dengan memilih kategori yang diminati, baik latar belakang, ikon, kuas, gaya, font, pola, maupun grafik lainnya!

Kunjungi Website 1001FREEDOWNLOADS

8. VEXELS

VEXELS

Vektor-vektor grafik siap pakai dapat diunduh langsung dari situs web ini. Vexels adalah sumber yang bagus untuk mencari grafik-grafik keren dan modern yang menonjol dari gaya-gaya lainnya.

Kunjungi Website Vexels

9. VECTORPORTAL

VECTORPORTAL

VectorPortal adalah situs web yang bagus jika Anda mencari unsur-unsur untuk membuat logo. Situs web ini memiliki banyak sekali unsur yang dapat menyesuaikan jenis bisnis atau desain cetak apa pun yang Anda kerjakan.

Kunjungi Website Vectorportal

10. STOCKIO

STOCKIO

Lebih dari sekadar vektor, situs web ini juga menawarkan gambar-gambar dengan kualitas sangat tinggi yang menjadi pilihan bagus untuk karya seni cetak. Selain vektor dan gambar, Anda bahkan dapat mengunduh font dan video langsung dari situs web.

Kunjungi Website Stockio