Mengapa Kartu Nama anda Diabaikan oleh Prospek

Seseorang yang ingin dikenal dengan baik pasti memiliki kartu nama. Kartu nama tidak hanya berfungsi sebagai detail kontak anda, namun juga mewakili kepribadian, karakter, perusahaan dan brand anda. Desain kartu nama yang menarik akan membuat banyak orang mengingat kartu nama anda seperti layaknya iklan di televisi. Kartu nama akan memberikan pesan yang konsisten kepada siapapun anda memberikan kartu nama anda.

Kartu nama adalah salah satu alat yang tepat untuk anda memperluas jaringan untuk mendapatkan klien atau mitra baru. Namun apakah anda pernah merasa tidak puas setelah memberikan ratusan kartu nama untuk prospek anda namun tidak mendapatkan panggilan kembali dari mereka? Apabila iya, maka ada kemungkinan anda selama ini sudah melakukan sesuatu yang salah.

Berikut 5 alasan mengapa kartu nama anda tidak membuahkan hasil.

1) Anda Tidak Mendistribusikan Kartu Nama Anda dengan Cara yang Benar

Mempunyai kartu nama yang atraktif belum tentu menjami anda akan mendapatkan respon kembali dari orang-orang yang anda berikan kartu nama. Meskipun kartu nama adalah alat networking yang efektif, anda tetap harus membedakan sekiranya orang-orang mana yang aka tertarik dengan bisnis anda. Anda harus tetap selektif dan tepat dalam memilih orang yang akan anda berikan kartu nama anda.

Bersikap terlalu agresif ketika mendistribusikan kartu nama dapat menimbulkan pesan yang salah. Hal tersebut membuat kartu nama anda terlihat tidak terlalu penting. Kuncinya adalah bertukar kartu nama dengan orang yang sudah mengenal dan menarik dengan tawaran anda.

2) Anda Selalu Melupakan Kartu Nama anda di Kantor

Apakah anda pernah mengalami situasi ketika anda menemukan prospek yang sempurna namun anda tidak membawa kartu nama anda? Jangan lupa untuk selalu menyimpan kartu nama anda di mobil, kantor, tas atau dimanapun yang menurut anda nyaman. Anda tidak akan pernah tahu kapan anda akan perlu memberikan kartu nama anda kepada orang yang berpotensi. Tidak ada yang lebih tidak profesional dibandingkan “Maaf, kartu nama saya habis..” atau “Saya tidak membawa kartu nama saya..” ketika ada seseorang yang menanyakan kartu nama anda.

3) Tidak Mengorganisir Kartu Nama Anda

Pastikan anda menjaga kartu nama anda dengan menaruhnya di dalam box atau tempat kartu nama agar terhindar dari kerusakan atau robek. Kartu nama yang terlihat sudah usang akan memberikan dampak negatif untuk kesan pertama orang yang menerima kartu nama anda. Menjaga kartu nama anda agar terlihat selalu menarik dan profesional ketika anda memberikannya kepada siapapun. Kartu nama sangat mewakili karakter anda dan memberikan kesan pertama yang positif.

4) Tidak Mengetahui Pilihan Terbaik untuk Mencetak Kartu Nama Anda

Para pebisnis mempunyai persepsi tinggi akan kualitas, maka dari itu penting untuk anda menyesuaikan dengan standar industri.

Kartu nama akan efektif ketika terlihat bernilai dan dihargai oleh penerima kartu nama anda. Kartu nama dengan kualitas yang rendah akan dengan mudah terabaikan oleh penerima. Kenyataannya, 63% orang akan membuang kartu nama ketika mereka tidak membutuhkan jasa tersebut. Meskipun begitu, mempunyai kartu nama yang berkualitas akan meningkatkan kesempatan 10 kali lipat untuk kartu nama anda disimpan dan digunakan ketika orang yang menerima kartu nama anda membutuhkan jasa anda.

Untuk meningkatkan efektivitas kartu nama dan meningkatkan penjualan, penting untuk anda mengetahui perbedaan ukuran kartu nama, jenis kertas kartu nama, dan menyelesaikannya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Berikut ini hal-hal yang perlu anda ketahui:

Ukuran Kartu Nama dan Dimensi

  • 9 X 5.5 cm: Ukuran Kartu Nama Standar.

  • 9 X 11 cm: Dua kali dari Ukuran Kartu Nama Standar.

Jenis Kertas Kartu Nama

Selain desain kartu nama yang memang penting untuk tampilan kartu nama, memilih jenis kertas dan berat yang tepat dapat menjadi faktor keberhasilan dari sebuah kartu nama. Anda harus merencankan dengan jelas kartu nama seperti apa yang anda ingin cetak. Jenis kertas dan berat kertas akan mempengaruhi bagaimana tampilan kartu nama anda. Mengetahui kombinasi dan permutasi untuk mencetak kartu nama anda yang sesuai dengan selera banyak orang harus diutamkan dibandingkan mencetak kartu nama menyesuaikan selera anda.

Pilih dari beberapa jenis kartu nama seperti Artboard, Pearl Artboard, Effshell Artboard, Ecostar Recycled Board etc. Idealnya, berat kartu nama yang sering digunakan adalah dari 310gsm sampai 410gsm. Kertas dengan gsm yang tinggi biasanya akan lebih awet dan dapat memberikan kesan pertama yang bagus. Mencetak dengan gsm yang rendah akan membuat kartu nama anda terlihat tipis dan mungkin saja memberikan dampak negatif untuk bisnis anda.

Laminasi untuk Kartu Nama

  • Matt (Satu Sisi/Dua Sisi): Laminasi matt akan memberikan sentuhan halus untuk kartu nama anda. Laminasi ini tidak akan memantulkan cahaya sehingga mudah dilihat di berbagai keadaan sinar.

  • Glossy (Satu Sisi/Dua Sisi): Laminasi glossy akan memberikan kesan mengkilap untuk kartu nama anda. Laminasi ini akan membuat kartu nama anda terlihat berkelas dan berkualitas tinggi.

5) Tidak Memberikan Call to Action pada Kartu Nama Anda

Sangat menarik tentunya untuk mengisi kartu nama anda dengan banyak informasi. Namun begitu, kuncinya adalah tetap memberikan informasi yang relevan dan berarti. Gunakan kartu nama anda untuk mengajak penerima kartu nama anda membuka website atau sosial media bisnis anda. Informasi yang diberikan harus relevan dan berguna untuk para pembaca, hal ini akan membuat kartu nama anda mudah diingat dan membuat orang tertarik untuk menggunakan produk atau jasa bisnis anda.

Pelajari semua hal untuk membuat kartu nama yang menarik dan maksimalkan penggunaan kartu nama untuk bisnis anda.


Apabila anda mencari percetakan terbaik di seluruh Indonesia - kami punya “kartunya”!