Cara dan Mengapa Harus Menanamkan Gambar dalam File Artwork Anda

Grafik-grafik yang bukan vektor tetapi gambar-gambar raster (misalnya berkas jpeg dan png) dan termasuk dalam bagian dari karya seni selalu harus ditanamkan (embedded) sebelum menyimpan berkas. Jika tidak, kemungkinan besar gambar-gambar itu akan hilang saat Anda mengirimkan berkas karya seni ke mitra percetakan. Ini sebenarnya adalah masalah yang wajar dan sulit untuk dideteksi dalam industri percetakan, yang dapat menyebabkan gambar tidak tercetak di produk akhir.

lasan mengapa gambar-gambar ini hilang jika tidak ditanamkan dalam berkas adalah karena Adobe Illustrator menggunakan tautan ke lokasi berkas gambar lokal di PC Anda untuk menampilkannya. Itulah mengapa saat berkas Anda dikirimkan ke komputer lain, gambar tidak dapat ditemukan dan ditampilkan (karena komputer itu tidak memiliki gambar Anda).

Tetapi, jika ditanamkan, gambar-gambar menjadi bagian tidak terpisahkan dari berkas karya seni Anda dan dapat ditampilkan di mana pun berkas dibuka.

Artikel tutorial ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk menanamkan gambar-gambar dalam berkas karya seni Anda. Setelah membuat desain karya seni Anda di Adobe Illustrator (4 Langkah untuk Membuat PDF Profesional & Siap Cetak - Adobe Illustrator) dan sebelum menyimpannya sebagai PDF, waktunya menanamkan gambar-gambar.

Langkah-langkah mudah untuk menanamkan gambar satu per satu:

Setiap kali Anda menambahkan gambar ke berkas karya seni, Anda dapat memilih untuk menanamkannya secara langsung dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Seret dan taruh gambar di lembar kerja

How and Why to Embed Images in Your Artwork Files

2. Sesuaikan ukuran gambar dengan baik

3.Saat mengeklik gambar, toolbar baru (disebut “Linked File”) akan muncul di atas Adobe Illustrator Anda, di bawah title bar.

4. Untuk menanamkan gambar dalam karya seni, klik saja tombol “Embed”

How and Why to Embed Images in Your Artwork Files

Jika Anda hanya melihat tombol “Unembed” dan bukan “Embed”, artinya gambar sudah ditanamkan dalam file artwork.

Langkah-langkah untuk menanamkan beberapa gambar

Jika tidak ingin menanamkan gambar satu per satu dalam berkas, Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk menanamkan semua gambar sekaligus. Misalnya, kita gunakan file artwork di bawah ini, yang menggunakan 3 gambar raster (bertema Natal).

 How and Why to Embed Images in Your Artwork Files

1. Di Adobe Illustrator, buka Window → Links 1

Sebuah jendela dengan semua tautan yang ada dalam artwork Anda akan muncul di sisi kanan layar. Di sini, Anda akan menemukan daftar semua gambar yang digunakan dalam artwork.

Saat Anda dapat melihat ikon di bagian kanan salah satu gambar dalam daftar seperti gambar di bawah ini, artinya gambar itu sudah ditanamkan.

How and Why to Embed Images in Your Artwork Files

2. Untuk menanamkan gambar-gambar lain dalam daftar, klik ikon Detail di kanan atas daftar, lalu klik Embed Image(s)

How and Why to Embed Images in Your Artwork Files

Biasanya, ikon akan muncul di sebelah setiap gambar dalam daftar, yang menunjukkan bahwa semua gambar sekarang sudah ditanamkan dalam artwork.

How and Why to Embed Images in Your Artwork Files

Simple, isn’t it?

Saat gambar-gambar Anda tidak tertanam dalam berkas dan dibuka di komputer lain, Anda akan melihat layar pop up berikut:

How and Why to Embed Images in Your Artwork Files

Dengan mengeklik “Replace”, seseorang dapat memilih gambar yang ada di komputer mereka. Tetapi, gambar ini harus memiliki nama berkas yang sama seperti yang digunakan dalam artwork Anda.

How and Why to Embed Images in Your Artwork Files

Kesimpulannya, mengirimkan berkas karya seni ke percetakan dengan gambar-gambar tidak tertanam hanya merugikan waktu. Anda harus menyesuaikan berkas dan gambar-gambar tertanam atau harus mengirimkan semua gambar yang harus ditanamkan dalam file.

Jadi, ingatlah untuk menanamkan gambar setiap kali sebelum menyimpan file.

Oh, ya, saat Anda menggunakan gambar-gambar raster dalam artwork, jangan lupa untuk memastikan resolusinya melebihi 300dpi!