Investasi di Sektor Finansial yang Cocok untuk Bisnis Modal Kecil

Bisnis dengan modal kecil bukan lagi penghalang untuk sebuah bisnis tumbuh dan sukses. Banyak orang yang memulai bisnis mereka dengan modal kecil. Apabila anda juga memulai dengan hal yang sama, tidak perlu khawatir. Dengan berusaha keras dan pintar mengambil jalan untuk bisnis anda, semua pasti ada jalannya. Tidak hanya mengandalkan dari pendapatan dari penjualan barang atau jasa bisnis anda, namun juga dengan cara lain. Salah satu cara yang dapat menopang bisnis modal kecil anda adalah dengan investasi.

Mungkin bagi sebagian banyak orang, investasi merupakan sesuatu yang sulit dilakukan dan hanya berlaku bagi orang-orang yang memiliki banyak uang. Namun sebenarnya, investasi saat ini sudah dapat dilakukan bagi siapapun, termasuk anda dengan bisnis modal kecil. Investasi finansial adalah salah satu bentuk investasi dimana anda dapat menanamkan modal anda dalam bentuk likuid. Investasi finansial biasanya diwakilkan dengan adanya surat-surat berharga. Apabila anda belum terlalu akrab dengan investasi finansial, kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan tentang investasi finansial.

Berikut ini adalah alasan mengapa investasi di sektor finansial dapat membantu bisnis modal kecil anda.

Dapat dilakukan dengan anda yang mempunyai modal kecil

Berinvestasi di sektor finansial tidak memerlukan banyak uang seperti investasi dalam infrastruktur (seperti membangun kos-kosan, atau rumah makan). Dalam investasi finansial, anda bisa mulai dengan jumlah uang yang kecil. Tentunya hasil dan resiko yang anda dapatkan juga akan menyesuaikan.

Cocok untuk para pemula

Apabila anda masih sangat asing dengan dunia investasi, anda tidak perlu khawatir, banyak jenis investasi di finasial yang bisa anda coba tanpa harus memiliki pengalaman sebelumnya. Segala hal tentang investasi di sektor finansial juga dapat dipelajari dari banyak sumber. Seperti di internet, atau seminar-seminar.

Tidak menyita banyak waktu

Apabila anda berinvestasi di sektor riil, anda akan memerlukan banyak waktu untuk mengatur dan juga memastikan bisnis yang anda investasikan tersebut berjalan dengan baik. Namun dengan berinvestasi di sektor finansial tidak akan menyita banyak waktu anda. Terlebih lagi apabila anda mempunya pekerjaan penuh waktu, anda hanya perlu beberapa saat untuk menginvestasikan uang anda.

Apabila anda sudah mendapatkan sedikit inspirasi untuk berinvestasi di sektor finansial, berikut ini jenis-jenis investasi finansial yang mungkin bisa anda coba.

Saham

Apabila anda selama ini berfikir bisnis modal kecil anda tidak bisa mempunyai saham, maka anda perlu membuang pikiran tersebut. Saat ini untuk anda yang berbisnis dengan modal kecil pun dapat menanam saham. Banyak sekali panduan dan kursus yang bisa anda pelajari. Pelajari keuntungan dan kerugian dalam menanam saham. Sesuaikan juga dengan modal yang anda punya. Dengan mempelajari setiap strategi, anda bisa pelan-pelan membaca bisnis apa yang menjanjikan untuk ada berikan investasi.

Investasi Emas

Emas merupakan salah satu komoditi yang cocok untuk anda simpan. Nilainya yang semakin lama meningkat dan akan memberikan anda keuntungan di masa depan. Saat ini investasi emas juga bisa dilakukan dengan anda yang bermodal kecil. Berbagai pilihan gram dan karat bisa anda sesuaikan dengan kemampuan anda. Investasi emas masih dapat dibilang investasi yang aman untuk anda.

Reksa Dana

Reksa dana adalah kumpulan dana dari investor yang dibelikan berbagai instrumen investasi seperti saham atau obligasi di banyak perusahan. Resiko anda berinvestasi pada reksa dana akan lebih rendah karena dana yang anda berikan akan disebarkan kebanyak perusahaan. Maka anda tidak akan bergantung hanya dari satu keberhasilan perusahaan saja. Reksa dana saat ini juga dapat dimulai dengan jumlah uang yang relatif rendah, seperti Rp.500.000.

Layanan Peer-to-Peer (P2P) Lending

Di era digitalisasi saat ini, dunia finansial juga mendapatkan banyak perubahan. Salah satunya adalah berkembangnya bisnis FinTech atau financial technology. Bisnis fintech yang bisa anda gunakan untuk membantu bisnis modal kecil anda adalah platform \Peer-to-Peer (P2P) lending yang menggunakan metode crowdfunding. P2P lending dapat menjadi solusi untuk UKM dalam mendapatkan pendanaan dengan cara menghubungkan UKM atau bisnis modal kecil lainnya untuk mendapatkan pinjaman dana dari berbagai individu, perusahaan dan organisasi yang menginvestasikan dana mereka.

Kelebihan P2P Lending adalah dari sisi fleksibilitas yang tidak mengharuskan UKM memakai fixed asset sebagai agunan untuk mendapatkan pinjamannya. Untuk pemberi pinjaman/investor/lender, imbal hasil yang didapatkan pun relatif tinggi, yaitu berkisar antara 11% sampai 30% per tahunnya, lebih besar daripada deposito.

Akseleran, sebagai salah satu platform P2P Lending terpercaya di Indonesia, sudah menyalurkan pinjaman usaha lebih dari Rp. 250 Miliar dalam waktu kurang lebih 15 bulan. UKM bisa mengajukan pinjaman usaha dengan produk invoice financing, di mana agunan yang dipakai adalah invoice. Selain itu, agunan bisa juga berupa tagihan dari Purchase Order/Kontrak/SPK. Pemberi pinjaman (lender/investor) bisa meminjamkan dana ke UKM ini mulai dari Rp. 100,000 saja dan akan mendapatkan imbal hasil rata-rata 18%-21% per tahun.

Sebagai pelaku UKM, bisnis Anda bisa terbantu dengan dana pinjaman usaha yang lebih mudah dari P2P Lending, ataupun Anda bisa memutarkan sebagian uang untuk diinvestasikan di P2P Lending, yang keuntungannya bisa untuk tambahan dana usaha.


Dari penjelasan diatas, apakah anda merasa bisnis modal kecil anda dapat dibantu dengan investasi? Apabila iya, gunakan platform P2P lending Akseleran yang terpercaya untuk bisnis anda. Tidak ada alasan lagi bisnis modal kecil anda tidak dapat berkembang.