Mengatur Bleed dan Margin untuk Pencetakan Berkualitas - Adobe Illustrator

Kami tidak henti-hentinya menekankan hal ini: Mempersiapkan file artwork Anda sebelum mengirimkan ke perusahaan percetakan sangat penting untuk menjaga kualitas cetak! Untuk memastikan Anda memperoleh produk akhir berkualitas tinggi, semua aspek dari karya seni Anda harus diselesaikan dengan sempurna. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang bleed dan margin, salah satu aspek penting dalam finishing karya seni. Untuk ikhtisar dan tutorial mengenai semua langkah finishing artwork, silakan membaca bagaimana cara menyelesaikan artwork.

Meskipun kami sudah membahas cara mengatur bleed dan margin di blog, dalam artikel ini, kami akan lebih fokus untuk menjelaskan apa yang terjadi jika Anda tidak mengaturnya dengan benar.

Pertama, inilah alasan mengapa bleed dan margin sangat penting. Pada dasarnya, mesin cetak digital dan offset yang sangat mekanis tidak pernah mencetak secara akurat hingga milimeternya. Karena variasi [kecil] pada posisi kertas dan posisi unsur-unsur mekanik dari mesin, selalu ada perbedaan kecil di semua lembar cetak.

Hal ini sebenarnya bukan masalah yang terlalu penting. Namun, lembar cetak besar harus dipotong menjadi produk-produk individu, dan di sinilah masalahnya timbul. Tanpa bleed dan margin, beberapa informasi penting mungkin terpotong atau produk Anda memiliki area putih di sekitar karya seni. Itulah mengapa bleed memberikan lapisan keamanan untuk memastikan produk Anda tidak memiliki area putih di sekitar karya seni setelah pemotongan dan margin keamanan memastikan tidak ada konten penting yang mungkin terpotong.

Ayo kita lihat beberapa contoh yang dapat terjadi jika bleed tidak diatur dengan benar.

Masalah-Masalah yang Disebabkan oleh Pengaturan Bleed dan Margin yang Salah:

Di bawah ini, kami akan membahas beberapa contoh nyata karya seni pelanggan yang memiliki pengaturan bleed dan margin salah pada saat berkas dikirimkan ke pabrik. Meskipun Gogoprint memiliki tim artwork yang akan memeriksa dan memperbaiki berkas artwork Anda sebelum mengirimkan ke pabrik, lebih baik Anda menambahkan bleed dan margin dengan benar untuk menghindari semua masalah yang mungkin terjadi. Jika Anda tidak menambahkan bleed, tim artwork Gogoprint menjadi kesulitan untuk memperbaikinya, dan mata yang sudah terbiasa dapat menyadari perbaikan-perbaikan itu.

Pencerminan yang jelas:

Artwork issue Example - Bleed and Margin set up

Sering kali, saat tidak ada pengaturan bleed, tim kami akan menambahkan 3 mm ke pinggir karya seni Anda dengan menggunakan pencerminan karya seni 3 mm sebelum bagian tepi. Dengan melakukannya, kami memastikan tidak ada area putih di sekitar karya seni Anda setelah pemotongan Tetapi, ini adalah sebuah perbaikan dan dengan demikian, tidak selalu terlihat sempurna. Dalam beberapa kasus, perbaikan ini terlihat dengan jelas. Dua gambar pertama di atas menunjukkan apa yang dapat terjadi pada produk akhir jika Anda melupakan pengaturan bleed dan tim artwork kami harus menambahkannya dengan mencerminkan bagian tepinya. Kuncinya adalah: Hindari masalah-masalah ini dengan menambahkan bleed sebesar 3 mm!

Area putih di sekitar artwork Anda

Artwork issue Example - Bleed and Margin set up

Jika tidak ada bleed dalam karya seni Anda dan perbaikan tidak dapat dilakukan, produk Anda akan memiliki area putih di sekitar karya seni seperti yang bisa dilihat di gambar di atas.

Jadi, bagaimana cara kita menghindari masalah-masalah ini?

1. Selalu tambahkan bleed sebesar 3 mm di semua sisi artwork anda, untuk memastikan tidak ada area putih di sekitar hasil cetak setelah pemotongan.

2. Selalu atur margin keamanan sebesar 3 mm di semua sisi dan letakkan semua informasi penting dalam margin tersebut untuk memastikan tidak ada bagian yang terpotong

Dan bagaimana cara kita mengatur bleed dan margin?

Mengatur bleed dan margin tidaklah sulit. Ini hanya masalah mengingat langkah-langkahnya secara sistematis.

Mengatur Bleed dan Margin di Adobe Illustrator dalam 3 Langkah:

1. Buatlah lembar kerja Anda dalam format akhir yang diinginkan untuk pencetakan produk. Misalnya, untuk kartu nama berukuran 9 cm x 5,5 cm, atur dimensi lembar kerja menjadi 90 mm x 55 mm. Pastikan Anda mengatur bleed sebesar 3 mm di semua sisi lembar kerja saat membuatnya. Anda juga dapat menambahkan bleed nanti dengan klik File > Document Setup.Setelah bleed diatur, Anda akan melihat batas merah di sekitar karya seni.

2017-11-07 15_50_56-Untitled-1_ @ 200% (RGB_GPU Preview).png

2. Untuk menambahkan margin keamanan, pilih alat persegi panjang, lalu buatlah persegi panjang dengan dimensi karya seni dikurangi 3 mm di setiap sisinya. Dalam contoh kita, dimensinya menjadi 8,4 cm x 4,9 cm. Pastikan Anda menempatkan persegi panjang di lembar kerja dan menyejajarkannya secara horizontal dan vertikal dengan pusat kartu nama Anda (lihat gambar di bawah). Setelah selesai, klik kanan pada persegi panjang, lalu klik Make Guides.

2017-11-07 16_03_47-Untitled-1_ @ 200% (RGB_GPU Preview).png

3. Saat Anda menambahkan gambar-gambar atau bentuk-bentuk grafik ke desain, pastikan untuk meletakkan batasnya di garis bleed merah dan memperkecil ukurannya. Hal ini akan mengurangi risiko pemotongan unsur-unsur yang penting. Saat menambahkan teks dan informasi penting lainnya, pastikan Anda melakukannya di dalam margin keamanan yang berwarna biru.

Artikel yang Berhubungan:

How to close artwork in Illustrator

Why you need bleed

Video Tutorial: Creating Professional & Print-Ready Business Cards - Adobe Illustrator+ FREE TEMPLATE

Video Tutorial: Creating Professional & Print-Ready Business Cards - Microsoft Word+ FREE TEMPLATE