Merencanakan dan Mendesain Leaflet Anda dengan Baik

Banyak pelanggan dan calon pelanggan menanyakan beragam pertanyaan tentang pencetakan leaflet dan bagaimana mereka harus mendesain Leaflets berdasarkan jenis lipatan ang ditawarkan. Meskipun sepertinya sangat rumit di awal (kami juga kesulitan, jadi itu wajar), setelah Anda memahaminya, sebenarnya cukup sederhana. Hal pertama yang harus diingat adalah format yang harus Anda pilih di konfigurator Gogoprint adalah format terbuka pada leaflet anda..

Jadi, mari kita bahas semua jenis lipatan kami satu per satu, mulai dari lipatan tunggal. Harap diperhatikan bahwa Sampul Depan merujuk pada halaman pertama dari leaflet dalam posisi terlipat, yaitu halaman depan dari leaflet yang terlipat. Sampul Belakang merujuk pada halaman terakhir dari leaflet dalam posisi terlipat, yaitu halaman belakang dari leaflet yang terlipat.

1. Lipatan tunggal (single fold)

Sesuai namanya, leaflet dengan lipatan tunggal dapat dianggap sebagai selembar kertas yang dilipat menjadi dua, sehingga menghasilkan dua bagian kertas yang berbeda dengan ukuran yang sama. Singkatnya, Anda memiliki leaflet terlipat dengan 4 halaman yang berukuran 14,85 cm x 21 cm.

Saat mendesain, sangat penting untuk tidak meletakkan teks atau gambar apa pun terlalu dekat dengan garis lipat (hitunglah setidaknya 5 mm agar aman). Anda juga harus memastikan bahwa konten diletakkan di tempat yang tepat dalam karya seni, sehingga urutan halaman sesuai. Lihatlah contoh di bawah ini. Ini berlaku untuk semua jenis lipatan.

Artwork template for single fold leaflet

2. Lipatan Surat (Letter fold)

Leaflet dengan lipatan surat dilipat dua kali (bukan satu kali), sehingga setiap sisi lembar A4 terdiri dari 3 bagian yang hampir sama besar. Lipatan ini disebut lipatan surat karena leaflet dilipat dengan cara yang sama seperti melipat surat yang dikirim. Ini mungkin merupakan cara paling intuitif untuk melipat leaflet, sehingga sangat populer.

Setelah melipatnya, Anda mendapatkan total 6 halaman, di mana 2 halaman memiliki lebar 9,7 cm dan 4 halaman memiliki lebar 10 cm, dengan tinggi yang sama, yaitu 21 cm. Dimensi horizontal dari halaman-halaman (lebarnya) berbeda, bergantung pada letak sampul (di kiri atau kanan). Perhatikan bahwa lebar 9,7 cm adalah untuk halaman yang dilipat ke dalam lebih dahulu. Anda harus meletakkan konten di tempat yang tepat untuk menghindari halaman cetak tidak berada di tempat yang diinginkan (misalnya, halaman yang seharusnya adalah sampul depan menjadi sampul belakang). Lihatlah contoh di bawah ini untuk mendapatkan gambaran visual mengenai halaman-halamannya.

Artwork template for letter fold leaflet

Artwork template for letter fold leaflet

3.Lipatan zig-zag (2 lipatan)

Lipatan zig-zag memperoleh namanya dari bentuk yang dihasilkan saat kertas dilipat dan dilihat dari atas: seperti zig-zag (tentu saja). Saat Anda membuka dan menutup leaflet, akan terlihat seperti akordion. Saat kertas dilipat dua kali, Anda mendapatkan leaflet zig-zag dengan 3 bagian.

Lihatlah gambar di bawah ini untuk melihat posisi halaman-halaman dalam karya seni Anda (yang cukup rumit untuk lipatan zig-zag). Sama seperti lipatan surat, setiap halaman berukuran 9,9 cm x 21 cm.

Artwork template for zigzag fold (2 fold) leaflet

Artwork template for zigzag fold (3 fold) leaflet

5. Lipatan paralel

Jenis lipatan ini juga menghasilkan leaflet dengan total 3 lipatan dan total 8 halaman yang berukuran 7,4 cm x 21 cm. Untuk jenis lipatan ini, lembar kertas terlebih dahulu dilipat menjadi dua seperti leaflet dengan lipatan tunggal, lalu dilipat menjadi dua lagi (secara sejajar atau paralel). Jadi, leaflet dengan lipatan paralel adalah leaflet dengan lipatan tunggal yang dilipat menjadi dua.

Lipatan paralel tentunya merupakan salah satu jenis lipatan yang lebih rumit. Jadi, cobalah membuatnya untuk membantu Anda membayangkan cara menempatkan halaman-halaman dalam karya seni. Atau, lihat saja gambar di bawah ini.

Artwork template for parallel fold leaflet

6. Lipatan jendela (window fold)

Lipatan jendela mendapatkan namanya dari tampilan kertas saat lipatan dibuka dan ditutup yang mirip seperti jendela dibuka dan ditutup di rumah Anda. Ada total 2 lipatan dan 6 halaman dalam leaflet. Lipatan jendela adalah satu-satunya kasus di mana dimensi masing-masing halaman tidak sama untuk semua halaman. Empat halaman (halaman yang dilipat) berukuran 7,4 cm x 21 cm, sedangkan 2 halaman sisanya berukuran 14,8 cm x 21 cm.

Anda dapat melihat gambar di bawah ini untuk memastikan Anda menempatkan konten dalam karya seni dengan benar jika ingin menggunakan lipatan jendela.

Artwork template for window fold leaflet

Karena sekarang kita sudah memahami semuanya, seharusnya Anda dapat merencanakan dan mendesain leaflet dengan lebih mudah. Meskipun kami menyebutkan sebagai format terbuka (tidak terlipat) dengan ukuran DIN A4 untuk artikel ini (untuk alasan ketersediaan dan kemudahan), Gogoprint sebenarnya menawarkan format standar lain dari DIN A2 hingga DIN A5. Tentu saja, Gogoprint juga memungkinkan Anda untuk memilih format terbuka khusus untuk leaflet jika Anda ingin membuat leaflet terlipat dengan dimensi tertentu. Tetapi, penting untuk diingat bahwa format khusus yang harus Anda masukkan dalamkonfigurator kamiadalah format khusus untuk leaflet tidak terlipat Jadi, ada proses yang terbalik di sini, namun sangat sederhana. Misalnya, Anda menginginkan leaflet berukuran 10 cm x 10 cm (setelah dilipat) dengan lipatan jendela. Artinya, Anda harus memesan format terbuka khusus berukuran 20 cm x 10 cm. Jika Anda menginginkan leaflet dengan lipatan paralel dan format 10 cm x 10 cm (setelah dilipat), Anda harus memesan format terbuka khusus berukuran 40 cm x 10 cm. Mudah, bukan?

Sebenarnya, kecuali kerumitan saat menentukan format terbuka yang tepat untuk leaflet Anda dan mengetahui tempat meletakkan konten dalam karya seni, mendesain dan mencetak leaflet sama seperti mencetak pamflet. Tetapi, sekarang Anda sudah tahu cara mengatasi kesulitan-kesulitan ini. Jadi, selamat mencoba dan menentukan konfigurasi!