Difference between DPI and PPI

Sebelum membaca artikel ini, kami di Gogoprint ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2018 untuk semua pembaca kami yang luar biasa. Terima kasih sudah bersama kami selama setahun terakhir. Kami benar-benar menghargai semua dukungan yang diterima. Kami menjamin bahwa kami akan terus menyediakan konten bagus dan menjadi penyedia layanan percetakan nomor satu selama bertahun-tahun ke depan. Nah, sekarang ayo kita membahas topik hari ini.

Jika Anda merasa seorang veteran dalam industri percetakan, desain grafis, atau bidang lain yang berkaitan, artikel ini mungkin tidak memberikan informasi baru. Tetapi, jika Anda belum pernah mengenal dunia percetakan, artikel ini sangat direkomendasikan. Sebelum mencetak apa pun, ada beberapa konsep yang harus Anda ketahui jika ingin mendapatkan hasil cetak yang baik (percayalah pada saya, ingatlah konsep-konsep ini dan berterima kasihlah nanti!).

Hari ini, kami memilih untuk menjelaskan dua istilah yang sangat berkaitan kepada Anda - “Dots per Inch (DPI)” dan “Pixels per Inch (PPI)”. Kedua istilah ini berkaitan dengan resolusi berkas grafik di artwork Anda, yaitu sebuah faktor yang harus diperhatikan selama mempersiapkan file artwork. Seberapa penting? Bacalah artikel blog kami mengenai resolusi grafik untuk mengetahui mengapa resolusi sangat penting..

Difference between DPI and PPI

Meskipun DPI dan PPI adalah indikator resolusi suatu gambar, keduanya sebenarnya agak berbeda.

DPI dan PPI: Definisi dan Perbedaan

Dots per inch (DPI) merujuk pada jumlah titik tinta fisik yang dicetak oleh sebuah printer di kertas atau bahan lain dalam jarak satu inci (2,54 cm), sedangkan pixels per inch (PPI) merujuk pada jumlah piksel persegi yang terdapat dalam satu inci gambar yang ditampilkan di monitor komputer.

Jadi, apa hubungan kedua satuan ini?

Kedua satuan ini mengukur kepadatan titik dalam 1 inci. Perbedaan dari keduanya adalah DPI mewakili karakteristik fisik dari sebuah printer, sedangkan PPI mewakili karakteristik dari gambar digital. DPI berhubungan dengan keluaran dari printer, sedangkan PPI berhubungan dengan masukan. Karena mesin cetak profesional sangat modern, jumlah titik dan piksel biasanya hampir sama. Itulah mengapa dalam dunia nyata, istilah DPI dan PPI digunakan secara bergantian.

Tetapi, apa artinya semua ini untuk Anda? Singkatnya, Anda harus memperhatikan PPI dari gambar-gambar yang digunakan dalam karya seni (berkas masukan untuk pencetakan). Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya di blog dan bagian bantuan, Anda harus memastikan agar berkas karya seni hanya mengandung gambar-gambar dan grafik-grafik dengan resolusi minimal 300 PPI. Jika tidak, hasil cetak akhir akan memiliki kualitas yang buruk (gambar terlihat tidak tajam atau memiliki garis-garis bergerigi). Anda tidak perlu mengkhawatirkan DPI printer kami karena Gogoprint hanya mengandalkan mesin cetak digital dan offset berkualitas terbaik.

Difference between DPI and PPI

Kesimpulannya

Nah, itu dia! Anda baru saja mempelajari arti dari dua istilah dasar yang sering digunakan secara bergantian di dunia percetakan dan desain grafis.

Singkatnya, istilah-istilah ini mewakili kepadatan titik atau piksel yang ada dalam satu inci (2,54 cm), tetapi pada perangkat yang berbeda - DPI adalah karakteristik printer dan PPI adalah karakteristik gambar digital. Satu-satunya hal yang perlu Anda khawatirkan adalah saat mencetak dengan kami, PPI gambar dalam berkas Anda harus melebihi 300 PPI.

Kami cukup yakin kalau sekarang Anda akan dapat membahas dua istilah ini dengan mudah jika diperlukan. Ada istilah-istilah lain yang perlu dibahas, hal-hal lain yang harus dipelajari, namun kami akan menyimpannya untuk artikel-artikel selanjutnya.

Difference between DPI and PPI

Inilah akhir dari artikel ini. Pastikan untuk mengikuti saluran YouTube kami dan ikuti kami di FB untuk mendapatkan artikel dan kiriman terbaru.