Everything you need to know about product packaging

Melanjutkan seri pembahasan Pemasaran Industri Kuliner, Gogoprint hari ini akan membahas lebih dalam tentang salah satu elemen yang penting didalam branding industri kuliner: Kemasan Produk.

Apabila anda belum membaca blog sebelumnya, anda dapat membacanya disini: 

Sebagai salah satu elemen penting dalam membangun citra perusahaan, Kemasan Produk dapat menjadi salah satu cara yang dapat membangun citra yang baik untuk bisnis anda. Kemasan produk adalah salah satu cara untuk mengkomunikasikan brand kepada target market anda melalu desain grafis.

Apabila anda masih belum yakin apakah anda harus meluangkan waktu untuk mendesain kemasan produk anda, simak terlebih dahulu fungsi dan keuntungan menggunakan kemasan produk: 

Fungsi Utama Kemasan Produk:

  • MemperkuatIdentitas Brand: Desain yang menarik dan berkualitas tinggi akan membuat pelanggan anda tertarik dan membuat brand anda berbeda dari para kompetitor. Marketing komunikasi dan desain grafis harus diterapkan di kemasan produk anda untuk menarik orang membeli produk anda dan akan membeli kembali di lain waktu.
  • Membangun Hubungan Jangka Panjang: Kemasan produk dapat mempengaruhi pandangan orang terhadap brand anda. Untuk membuat para calon pelanggan membeli dan memberikan tanggapan positif akan brand anda, kemasan produk anda harus terlihat estetik namun tetap mudah digunakan. .
  • Membagikan Informasi: Kemasan produk yang bagus akan memberikan informasi yang diperlukan oleh para pelanggan. Label yang digunakan harus memberikan informasi yang berguna untuk membantu keputusan mereka untuk membeli, atau meningkatkan pengalaman membeli produk anda. Label dapat dilengkapi dengan informasi seperti "cara menggunakan", bahan-bahan yang digunakan, nama manufaktur dan alamat lengkap, berat produk, peringatan untuk alergi, tanggal kadaluarsa, dan informasi penting lainnya.
  • Melindungi Produk: Fungsi utama dari kemasan produk adalah untuk melinduungi produk. Walaupun perusahaan kebanyakan fokus pada elemen branding, namun melindungi produk juga sama pentingnya. Buat kemasan produk yang bagus dan berkualitas. Pastikan kemasan produk anda melindungi produk dari berbagai gerakan, oksigen, sinar matahari, debu dan temperatur yang dapat mempengaruhi kualitas produk anda. 

Kemasan produk adalah hal penting untuk setiap bisnis. Setiap tahunnya, perusahaan-perusahaan besar akan mengeluarkan banyak anggaran untuk menguji warna dan manipulasi psikologi dari kemasan produk yang baru. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan para pelanggan terhadap kemasan produk mereka, apakah mereka dapat melanjutkan kemasan produk tersebut untuk dijual ke pasaran atau tidak. 

Proven Marketing Strategies for Food and Beverage Businesses for Every Budget

Apabila anda merasa sulit untuk menarik klien baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah lama, kemasan produk yang tidak terlalu bagus mungkin adalah salah satu faktor yang mempengaruhi. Untungnya, untuk meningkatkan penjualan dan menarik para pembeli, anda tidak perlu menyisihkan waktu banyak. Gogoprint akan membantu anda mendapatkan kemasan produk yang berkualitas dan terjangkau! Simak bagaimana caranya disini: 

Kemasan Produk: Cara Memulai

Sebelum kita lanjutkan ke bagian yang menyenangkan, anda perlu menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini untuk mempermudah langkah kita selanjutnya:

1. Apa produk anda? Apakah ukurannya kecil atau besar?Berapa lama produk tersebut akan bertahan?Apakah produk tersebut akan mudah bocor?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu anda untuk membuat kemasan yang berfungsi untuk melindungi produk anda dan juga mudah untuk digunakan.

2. Siapakah target audiens anda? YDesain dari kemasan produk anda akan bergantung dari target pelanggan yang anda ingin capai. Produk dan desain anda harus sesuai dengan pelanggan ideal anda. Karena bagaimanapun juga, "orang tidak membeli produk, mereka membeli brand".

3. Bagaimana cara orang membeli? DApakah pelanggan anda cenderung membeli produk dari toko, swalayan lokal, atau memesan online? Anda harus membuat kemasan yang sesuai dengan cara distribusi produk anda. 

Sekarang, anda sudah mengetahui untuuk siapa kemasan produk anda dibuat dan bagaimana fungsinya, anda akan lebih mudah menentukan kemasan seperti apa yang paling tepat untuk produk anda. 

Beberapa Hal Penting yang Perlu Diperhatikan: 

1. Petunjuk Gaya Brand

KIta sudah banyak membahas tentang pentingnya identitas brand. Seperti layaknya alat marketing lain, kemasan produk perlu dibuat untuk merepresentasikan estetika brand anda dan membuat pelanggan lebih mudah untuk mengenali brand anda. Buat  logo, warna brand, font yang berciri khas untuk meningkatkan brand recognition anda. 

2. Anggaran

Sebelum anda memulai desain, jangan lupa menentukan anggaran anda terlebih dahulu. Apabila anda tidak mempunyai banyak anggaran untuk kemasan produk, anda dapat beralih ke beberapa produk seperti paper bag, wrapping paper, label, dan tag produk. Anda dapat membeli kotak yang tidak bermerk, gelas kertas dan botol, lalu jadikan kemasan produk brand anda dengan produk promosional yang kecil. 

3. Struktur Informasi

Pikirkan tentang fitur apa yang anda ingin pelanggan anda tahu. Elemen ini adalah inti dari artwork anda. Setelah selesai, anda dapat menambahkan beberapa elemen visual lainnya. Namun pastikan anda tidak membuat gambar atau hiasan yang berlebihan dan tidak perlu.

4. Kejujuran

Jangan pernah membuat produk anda terlihat bagus pada kemasan luar dibandingkan aslinya. Apabila anda tidak jujur, maka hanya akan membuat pelanggan tidak akan kembali untuk membeli produk anda. 

5. Gunakan File yang Tepat

Sebelum mengirimkan desain anda ke percetakan, pastikan anda sudah memiliki file yang benar untuk dikirim. Berikut ini beberapa materi yang akan membantu anda untuk membuat artwork yang siap dicetak:

Pilihan Kemasan Produk yang Terjangkau:

Apabila anda ingin menghemat anggaran, maka temukanlah pilihan yang sesuai dengan anggaran anda. Kemasan produk anda tidak perlu mahal dan terlihat mewah; anda hanya perlu menjadi kreatif dan menyampaikan pesan yang benar.

Berikut ini beberapa material yang anda dapat gunakan menjadi kemasan produk:

Paper Bag

Mudah diecetak, dan juga ramah lingkungan. Cocok untuk produk dengan pesanan yang banyak. Terlebih lagi, paper bag mudah untuk di desain.

Paper bags are affordable product packaging option

Stiker

Anda dapat membuat berbagai macam objek dengan stiker! Stiker adalah salah satu alat promosi yang tidak mahal dan mudah dikreasikan untuk produk anda. 

Stickers as part of product packaging

Label Produk 

Label produk akan bagus ditempel di toples atau botol. Apabila anda menjual selai buatan rumah atau jus lemon, akan sangat bagus apabila anda melengkapi kemasan produk anda dengan label.

Product label is an element of product packaging

Tag Produk

Apabila anda ingin membuat produk buatan rumah, jangan lupa tambahkan tag produk dengan beberapa ucapan yang hangat untuk pelanggan anda. Buat para pelanggan anda merasa spesial. 

Product tags in product packaging

Beberapa produk diatas hanya sedikit ide yang bisa anda coba untuk membuat kemasan produk anda. Jangan lupa untuk melihat blog kami untuk menemukan ide-ide dan inspirasi lain untuk bisnis anda.

Gogoprint membagikan tips dan trik setiap minggunya agar bisnis anda selalu menjadi yang terdepan.