Improve Your In-Store Sales with Visual Merchandising

Setelah anda memasang vinyl banner diluar toko anda, akan lebih banyak orang yang akan mengunjungi usaha anda. Anda mungkin sedang bergembira dengan banyaknya pelanggan yang datang, namun sepertinya mereka tidak melakukan pembelian. Mungkin sebagian besar dari anda masih banyak mengalami keadaan ketika banyak orang yang mengunjungi bahkan sudah menyentuh produk anda, namun berakhir tidak membeli. Sebagai pemilik bisnis, tentu anda akan melakukan banyak cara seperti mengatur display, menawarkan diskon, dan mengamati pelanggan anda dan mencari tahu sekiranya strategi apa yang belum berhasil. 

Outdoors vinyl banner to attract passerby

Apabila anda sudah mencoba berbagai teknik marketing namun anda belum mendapatkan hasil yang memuaskan, maka blog ini tepat untuk anda. Coba pelajari trik apa saja yang akan meningkatkan penjualan anda dan membuat bisnis retail anda sukses. 

Gunakan Ilmu Pengetahuan Untuk Membimbing Anda

Rahasia yang sederhana: para pembeli tidak akan menunjukkan ketertarikan mereka apabila mereka tidak melihat toko anda sebagai sesuatu yang menarik. Untuk memahami lebih jauh tentang audiens anda, lihatlah dari sisi psikologi, perilaku ekonomi dan bahkan neuroscience!

Beberapa pendekatan menggunakan ilmu pengetahuan ini akan membantu anda memahami pelanggan anda dan akan membantu anda membuat pengalaman terbaik untuk para pembeli. Berikut ini beberapa buku yang bisa anda baca untuk memahami lebih dalam tentang hal ini:

    • Decoding the New Consumer Mind: How and Why We Shop and Buy, 2014, Kit Yarrow;
    • Why We Buy: The Science of Shopping, 1999, Paco Underhill;
    • Webs of Influence: The Psychology of Online Persuasion, 2012, Nathalie Nahai.

Apa Itu Visual Merchandising?

Untuk bisnis retail, penting untuk anda memahami apa itu visual merchandising. Sederhananya, visual merchandising adalah cara industri retail untuk mengembangkan tampilan tiga dimensi yang akan meningkatkan minat para pembeli. 

Visual merchandising helps boost sales and make shoppers buy on impulse

Banyak para marketer yang percaya visual merchandising adalah kombinasi antara seni dan ilmu pengetahuan. Visual merchandising memanfaatkan garis, warna, cahaya dan proporsi untuk membuat tampilang yang seimbang dan juga mempertimbangkan sisi psikologi dan neuroscience untuk mempengaruhi emosi para pembeli. 

Dasar-Dasar Visual Merchandising 

Untuk retailers, visual merchandising adalah raja. Namun, apabila anda tidak mempunyai anggaran yang berlebih, akan sulit untuk anda membuat visual display. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa trik yang dapat anda lakukan apabila anggaran anda terbatas.

1.Berpegang Pada Satu Tema

Membuat dekorasi tampilan jendela menggunakan tematis produk anda tidak akan mahal.

Use creative window displays to show customers what you have to offer

2. Masuk Akal

Tampilan toko anda harus tetap masuk akal dan sesuai logika. Gunakan beberapa barang sekaligus untuk membuat set produk yang menarik dan unik. 

Use layouts and logic to create the best customer experience

3. Gunakan Signage di Dalam

Anda juga akan membutuhkan papan iklan yang besar di dalam toko anda. Gunakan signage untuk menginformasikan para pembeli anda tentang produk-produk baru, promosi terbaru dan diskon.

Use signages to drive engagement

4. Dekorasikan Barang Retail anda Pada Tampilan Toko 

Tampilan jendela adalah salah satu hal penting yang dilihat oleh para pembeli ketika mereka masuuk ke toko anda, maka dari itu anda harus memastikan bahwa anda menyampaikan pesan yang tepat. Buat tampilan jendela anda dengan stiker untuk membuat orang yang lewat mengetahui apa saja yang dapat mereka temukan di dalam toko anda. 

Decorate your retail display with stickers

Pelajari Lebih Lanjut tentang Pengalaman Pemasaran 

Pengalaman pemasaran secara sederhana adalah membuat kegiatan berbelanja menjadi pengalaman yang menyenangkan. Vans adalah salah satu brand yang mengubah toko mereka menjadi area skating, Ikea membuat acara menginap di toko mereka, dan Beerwolf Books yang mengkombinasikan toko buku mereka dengan pub! Adakah sesuatu hal unik lain yang ingin anda tawarkan kepada pengunjung anda?

Vans’ experiental marketing

Mungkin anda dapat membuat beberapa permainan atau aktivitas untuk para pengunjung anda sebagai salah satu cara staff anda berinteraksi dengan pelanggan anda. Tawarkan sesuatu yang tidak terduga dan orang pasti akan memberikan review online yang bagus untuk bisnis anda. 

Buat Tag dan Katalog Produk

Mungkin pelanggan anda belum melakukan pembelian karena mereka belum mengerti betul apa yang dapat mereka lakukan dengan produk yang anda tawarkan. Kali ini, perjelas produk yang anda tawarkan dengan menggunakan tag produk, dan jelaskan bagaimana para pelanggan anda akan untung dengan menggunakan produk anda.

Anda juga dapat membuat katalog yang memberikan informasi lengkap untuk produk anda. Salah satu brand kosmetik retail, Lush, menemukan bahwa kebanyakan dari pelanggan mereka tidak mengetahui keuntungan atau bahan yang mereka gunakan pada produk mereka. Untuk mengedukasi para pengunjung mereka, Lush membuat katalog dengan desain yang sangat menarik dan informatif. Katalog ini menjadi salah satu kunci kesuksesan dari brand Lush. 

Educate customers with smart product catalogs

Tetaplah Berkesperimen

Jarang ada orang yang mendapatkan keberhasilan pada percobaan pertama. Untuk membuat tampilan yang sempurna untuk toko anda, tetaplah bereksperimen dan amati setiap perubahan dari cara yang anda lakukan. Dengan tetap melakukan hal ini, anda akan mendapatkan informasi yang lebih banyak untuk membuat para audiens anda tertarik dengan bisnis anda!

Apabila anda membutuhkan saran trik marketing lainnya, jangan lupa untuk cek blog kami dan lihat produk-produk promosi apa saja yang kami tawarkan!