Sudah Punya Inovasi Untuk Berbisnis? Jangan Lupa Persiapkan Hal-hal Ini Untuk Memulai Bisnis Kamu!

Image result for kolega coworking space

Startup merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan beberapa tahun belakangan ini. Semenjak bermunculan para inovator di bidang teknologi, saat ini mempunyai startup bisnis sudah menjadi tren sendiri bagi kaum milenial. Bahkan tidak sedikit startup saat ini yang merupakan paduan antara bisnis konvensional dengan teknologi.

Pasti anda pun juga pernah berpikiran untuk mempunyai startup bisnis sendiri. Saat ini sudah tidak sulit lagi untuk memulai startup, sudah banyak wadah dan bahkan dukungan dari berbagai pihak untuk para perintis startup. Namun, kebanyakan dari startup yang gagal disebabkan karena persiapan dan proses eksekusi yang kurang matang dan kegigihan untuk menjalankan usaha.

Memulai startup tidak hanya membutuhkan ide atau konsep baru, namun banyak hal-hal lain yang harus diperhatikan dan anda pikirkan. Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda persiapkan saat baru memulai bisnis anda.

1.Tentukan visi dan misi

Setiap perusahaan, institusi, bahkan diri kita sendiri pun pasti mempunyai tujuan dan juga rencana-rencana yang dipercaya dapat mendukung kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Maka dari itu, setiap usaha baru tentu tetap membutuhkan visi dan misi yang jelas, yang menjadi alasan mengapa bisnis anda harus ada dan tetap berjalan sampai jangka panjang. Penentuan visi dan misi sangat mempengaruhi bagaimana nantinya anda dan para pekerja anda menjalankan bisnis.

2. Kumpulkan data dan perhatikan kompetitor bisnis anda

Banyaknya para inovator di zaman sekarang ini, tidak dapat dipungkiri bahwa anda akan masuk ke dalam persaingan yang ketat dalam dunia bisnis. Maka dari itu, memperhatikan kompetitor, menganalisis data seperti data perilaku konsumen di target market anda, serta penelusuran tentang minat produk konsumen juga perlu dilakukan untuk memulai bisnis anda. Jangan sampai, anda menjual produk atau jasa yang ternyata sudah terbukti pada data tidak banyak diminati konsumen atau berpotensi akan turun di masa yang akan datang.

3. Modal

Tentu saja usaha apapun membutuhkan modal. Bahkan untuk memulai usaha kecil konvensional kita pasti membutuhkan modal. Jangan lupa untuk merinci semua kebutuhan modal anda, buat anggaran rinci untuk semua kebutuhan menjalankan bisnis anda. Modal merupakan nyawa dari bisnis anda, anda harus memulai dengan modal awal sampai akhirnya bisnis anda sudah mendapatkan pendanaan tetap atau sudah menghasilkan keuntungan.

4. Spesifikasi pekerjaan

Memulai startup memang bisa dilakukan sendiri, namun apabila anda memulai bisnis anda dengan partner anda, anda dapat membagi spesifikasi pekerjaan tertentu sesuai dengan keahlian masing-masing. Apabila anda lebih ahli di bidang pemasaran, atau keuangan, maka anda dapat lebih fokus pada beberapa aspek tersebut dibandingkan yang lain. Apabila rekan anda mempunyai latar belakang sistem informasi atau desain, anda dapat menyerahkan hal-hal yang berkaitan dengan spesifikasi bidang pekerjaannya.

5. Tempat bekerja

Untuk memulai startup saat ini sudah tidak perlu lagi sulit seperti dulu, menyewa ruko atau satu lantai gedung penuh untuk bekerja yang tentunya akan menyita banyak biaya anda. Salah satu cara untuk memotong anggaran anda untuk tempat bekerja anda adalah dengan menggunakan fasilitas di coworking space. Coworking space adalah tempat dimana para pekerja berkumpul untuk bekerja. Menggunakan fasilitas coworking space sangat cocok untuk para startup founder yang baru saja memiliki beberapa anggota yang bekerja dibawahnya.

6. Promotional tools (flyers, business cards, brochure, etc)

Seperti halnya visi dan misi, setelah anda merintis bisnis anda, tentu anda membutuhkan promosi, tidak hanya langsung ke konsumen target market anda, namun juga ke rekan bisnis lain yang dapat mendukung bisnis anda seperti pendanaan atau kerjasama. Untuk memberikan kesan profesional dan terpercaya, anda harus mempunyai tools untuk mempromosikan dan memperkenalkan brand bisnis anda kepada para calon pembeli atau rekan kerja anda.

Tidak punya waktu untuk pergi ke tempat percetakan? Tidak perlu khawatir, saat ini apapun bisa anda lakukan online tanpa perlu keluar dari tempat dan meninggalkan pekerjaan anda. Anda dapat mencetak kebutuhan promotional tools anda di gogoprint.co.id dan dapatkan pelayanan gratis ongkos kirim untuk Pulau Jawa dan Bali!

Anda juga bisa mendapatkan one day free trial di Kolega Coworking Space https://www.kolega.co/ untuk pemesanan cetak diatas 100k di Gogoprint!

Sudah siap untuk merintis startup anda sendiri?