Strategi Pemasaran untuk Tahun Baru Imlek 2019

Tahun Baru Imlek adalah salah satu momen yang penting setiap tahun untuk daerah Oriental, sama halnya seperti Natal di Amerika atau Eropa. Tahun Baru Imlek atau biasa disebut Chinese/Lunar New Year di beberapa negara lain di Asia adalah festival yang merayakan awal tahun dimana perhitungan yang digunakan adalah berdasarkan perputaran bulan. 

Tahun 2019 ini, Tahun Baru Imlek akan jatuh pada tanggal 5 Februari. Pada negara-negara tertentu seperti Tiongkok, Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia, seluruh keluarga akan berkumpul untuk makan bersama dan juga bertukar hadiah. Untuk yang sudah menikah atau orang tua akan memberikan Amplop Merah atau Amplop Angpao untuk keluarga mereka yang berusia lebih muda untuk memberikan mereka keberuntungan di tahun yang baru. 

Sama seperti Hari Natal di negara-negara Barat, Tahun Baru Imlek adalah salah satu musim yang membawa penjualan lebih tinggi. Berdasarkan statistik yang diinformasikan oleh Guangzhou Municipal Commission of Commerce, penjualan ketika Festival Musim Semi (nama lain dari Tahun Baru Imlek di Tiongkok) mencapai 8,3 Triliun Rupiah di tahun 2018. Penjualan akan meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Untuk anda yang mempunyai bisnis, momen ini harus anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan anda. Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan penjualan anda:

Beberapa Pendekatan Untuk Pemasaran di Tahun Baru Imlek

Sebelum anda mengeksekusi strategi pemasaran untuk bisnis anda, pastikan anda sudah membuat perencanaan yang matang. Untuk membantu meningkatkan penjualan anda di musim Tahun Baru Imlek, Gogoprint sudah menyiapkan beberapa daftar yang anda bisa lakukan untuk pemasaran Tahun Baru Imlek anda: 

Rencanakan Promosi anda Beberapa Belum Sebelumnya

Anda perlu membuat rencana yang matang sebelum Tahun Baru Imlek. Pikirkan strategi anda berdasarkan target pelanggan, pesan yang ingin disampaikan, aktivitas Tahun Baru Imlek dan ekspektasi para pelanggan anda. Cara apa yang menurut anda akan cocok dilakukan untuk para pelanggan anda di musim Tahun Baru Imlek ini? Apabila anda sudah mengetahui jawabannya, anda akan dengan mudah membuat strategi pemasaran yang efektif dan meningkatkan pendapatan anda.

Buat Desain Produk Promosi anda dengan Pesan dan Simbol yang Tepat 

Keluarga dan tradisi adalah dua hal terpenting pada Tahun Baru Imlek. Ketika anda membuat penawaran khusus dan produk promosi, pastikan anda menyampaikan pesan yang tepat yang berhubungan dengan keluarga dan kerabat. Berikan pesan yang menyentuh dan anda akan dapat mencuri hati pelanggan anda.

Untuk memperkuat pesan yang anda ingin sampaikan dan juga menarik lebih banyak perhatian, gunakan warna CNY tradisional seperti merah dan emas. Anda juga bisa gunakan simbol zodiak tahun ini (babi untuk tahun ini).

Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk promosi apa saja yang tepat untuk pemasaran produk anda di Tahun Baru Imlek di produk untuk meningkatkan penjualan akhir tahun. Gogoprint akan membantu anda memilih produk yang tepat untuk anda. 

Amplop Angpao

Amplop Angpao untuk Tahun Baru Imlek 2019

Salah satu tradisi penting di tahun baru imlek adalah bertukar amplop merah atau amplop angpao. Biasanya, amplop angpao berwarna merah karene warna merah dipercaya sebagai warna keberuntungan di Tiongkok. 

Bertukar amlop angpao adalah waktu yang paling ditunggu di Tahun Baru Imlek untuk mereka yang masih berhak menerima angpao. Namun mungkin tidak untuk para orang dewasa yang wajib memberikan angpao. Berdasarkan tradisin ini, anda dapat membuat sesuatu yang berbeda untuk strategi pemasaran anda. Contohnya, anda dapat mengirimkan para pelanggan anda amplop angpao dengan desain dan logo brand anda. Masukkan voucher produk atau jasa bisnis anda didalam amplop untuk membuat pelanggan anda merasa spesial. 

Kalendar

Kalendar untuk Tahun Baru Imlek

Meskipun saat ini kita sudah menggunakan kalendar digital, namun kalendar cetak masih banyak digunakan sebagai pengingat tugas-tugas yang harus dilakukan.

Kebanyakan orang saat ini masih menggunakan kalendar cetak karena menyusun jadwal di kertas masih akan membantu perencanaan tugas lebih mudah dan efisien. Cetak kalendar dengan nuansa Tahun Baru Imlek dilengkapi dengan desain brand anda. Untuk membuat kalendar anda kali ini berbeda dari kalendar lainnya, tambahkan fase bulan atau fakta-fakta menarik tentang Tahun Baru Imlek. Hal ini akan membuat prospek anda menggunakan kalendar tersebut sepanjang tahun. Hal itu akan membuat mereka terpikirkan brand anda. 

Kartu Pos

Kartu Pos untuk Tahun Baru Imlek

Mengirimkan ucapan Tahun Baru Imlek dengan email mungkin terasa sangat mudah. Bagaimanapun juga, masih banyak orang yang tidak mengecek email mereka pada saat liburan. Maka dari itu anda dapat mencoba juga mengirimkan mereka kartu pos secara langsung. 

Anda dapat mengirimkan kartu pos bersamaan dengan pesanan pelanggan anda, ataupun terpisah. Anda juga bisa memberikannya langsung ketika mereka mengunjungi toko anda. Berdasarkan Forbes, ketika pelanggan membaca produk promosi cetak, mereka akan merasa lebih spesial dibandingkan melihat pesan anda secara online. Berikan sentuhan personal dengan membubuhkan tanda tangan anda. Hal ini akan membuat kartu pos anda terlihat lebih spesial karena akan menunjukkan bahwa bisnis anda sangat memperhatikan para pelanggan. 

Itu tadi beberapa strategi marketing yang anda dapat gunakan untuk pemasaran di Tahun Baru Imlek 2019. Jangan lupa hubungi Gogoprint untuk mendapatkan pilihan produk promosi terbaik untuk bisnis anda.